8 Tips Memilih Kamera Mirrorless Bagi Pemula

Dunia fotografi menjadi tren yang semakin populer beberapa tahun terakhir ini. Terlebih semenjak membludaknya pengguna sosial media yang berlomba-lomba untuk mengupload foto mereka di akun jejaring sosialnya.

Salah satu kamera, selain kamera ponsel tentunya, yang banyak digunakan oleh fotografer amatir maupun profesional adalah kamera mirrorless. Seperti artinya secara harfiah, mirror dan less, kamera mirrorles adalah kamera yang tidak menggunakan cermin.

Cermin tersebut terletak di dalam bodi kamera dan berfungsi untuk memantulkan objek atau model menuju viewfinder. Cermin inilah yang membuat kamera jenis DSLR memiki bentuk yang lebih tebal dan berat bila dibandingkan dengan kamera  mirrorless.

Untuk pemula yang ingin memulai hobi fotografi dan ingin menggunakan kamera mirrorless pertama mereka, berikut ini dapat disimak mengenai beberapa tips memilih kamera mirrorless.

1. Ketahui kebutuhan mendasar Anda

Barang apa pun yang hendak dibeli perlu didasarkan atas rincian kebutuhan yang memang Anda perlukan. Jika ingin membeli kamera mirrorless, perhatikan juga kebutuhan mendasar Anda.

Apakah kamera tersebut hendak Anda gunakan untuk memotret pemandangan, memotret fashion atau gaya OOTD? Fokus pada pemotretan kuliner atau juga akan Anda gunakan untuk vlog.

Jika sudah menentukan kebutuhan utama Anda, maka Anda juga dapat menentukan kualitas dan spesifikasi kamera yang akan dipilih. Usahakan membeli kamera mirrorless yang disertai dengan paket penjualan lensa.

2. Sesuaikan budget dengan kebutuhan

Sebagai pemula, belum terlalu perlu jika Anda mengincar kamera mirrorless dengan harga yang sangat mahal. Belilah kamera yang sesuai budget dengan harapan Anda menggunakannya sebagai adaptasi dan tempat pembelajaran pertama di dunia fotografi.

Tentu Anda tidak ingin menyesal bukan sudah menghabiskan uang sedemikian besar tapi tidak terlalu pakar dalam menggeluti trik fotografi tingkat dewa.

3. Perhatikan sensor kamera mirrorless

Memilih kamera mirrorless terbaik juga perlu memperhatikan sensor kamera yang dimiliki. Ada tiga sensor yang umumnya dipakai dalam kamera mirrorless, yaitu sensor full frame, sensor APS-C dan sensor four thirds. Tentu saja masing-masing sensor tersebut memiliki sisi positif dan negatifnya.

 Jika Anda ingin memiliki hasil foto yang lebih bersih dan bagus maka sensor full frame dapat menjadi pilihan utama Anda. Hal ini dikarenakan sensor tersebut memiliki kelebihan dalam penangkapan cahaya sehingga foto yang dihasilkan menjadi lebih jernih dan berkualitas tinggi.

Namun jika Anda membutukan kamera untuk sekedar dokumentasi, maka sensor APS-C juga sudah mumpuni.

4. Untuk vlogger pemula, perhatikan kualitas rekaman

Jika Anda memilih kamera mirrorless untuk membuat video blogging atau vlog maka fitur kualitas video harus menjadi perhatian utama Anda. Hal yang paling mudah untuk menelitinya adalah dengan memperhatikan kemampuan autofocus kamera tersebut saat digunakan untuk merekam.

Jika sistem autofocus kamera bagus, maka akan memudahkan Anda untuk merekam dengan hasil yang lebih jernih dan bagus.

Selain fitur autofocus, pastikan juga layar LCD kamera mirrorless tersebut dapat diputar ke depan sehingga memudahkan Anda untuk mengambil gambar diri Anda sendiri.

5. Perhatikan fitur wajib dan tidak wajib

Beberapa fitur wajib yang perlu diperhatikan saat membeli kamera mirrorless antara lain:

  • sensor kamera mnimal 4/3 (four thirds)
  • shutter speed yang dimiliki 30 detik ke atas karena berguna untuk pengambilan gambar saat gelap atau malam hari
  • autofocus yang baik, nilai ISO yang besar dengan noise sedikit
  •  burst untuk memotret objek yang bergerak dengan kecepatan tinggi

Sedangkan fitur tidak wajib dalam kamera mirrorless antara lain wifi, Bluetooth, focus peaking, GPS, foto panorama, timelapse, touch screen, face detection, mode bawah air dan adanya slot micro USB yang diperlukan untuk mengisi daya baterai.

6. Pertimbangkan viewfinder

Ada beberapa kamera yang menghilangkan fitur viewfinder mereka karena hanya mengandalkan layar LCD namun banyak pula yang masih mempertahankan viewfinder merka secara elektronis. Pertimbangan adanya viewfinder atau tidak dapat didasarkan pada kebutuhan objek gambar yang hendak Anda ambil.

Jika Anda lebih fokus pada foto traveling outdoor, maka fitur ini tidak terlalu penting karena Anda hanya memotret untuk menangkap momen. Hanya saja LCD Anda juga harus masih bekerja dengan baik.

Lain halnya jika Anda fotografer yang serius dan butuh fokus lebih, maka tidak adanya viewfinder dapat membuat hasil foto Anda kurang maksimal.

7. Tidak perlu melihat besarnya megapixel

Sebenarnya dalam memilih kamera mirrorless saat ini tidak perlu lagi mempertimbangkan megapixel. Megapixel foto yang besar belum tentu memiliki kualitas foto yang juga sebanding, karena kualitas foto ditentukan oleh bagus atau tidaknya kualitas lensa yang dimiliki.

8. Garansi

Faktor yang terakhir yang paling menentukan dalam pembelian kamera mirroless adalah perhatikan garansi yang diberikan toko. Ada dua jenis garansi pembelian, yaitu garansi resmi dari produsen atau garansi distributor (toko). Garansi resmi lebih disarankan karena  keamanan.

Demikianlah delapan tips memilih kamera mirrorless yang dapat dipraktikkan bagi Anda para pemula agar mendapatkan kamera mirrorless terbaik. Sesuaikan kemampuan Anda dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Tidak perlu terlalu mengupayakan membeli kamera mahal beserta pelengkapnya jiga budget terbatas. Mengapa? Karena jika skill Anda sudah di atas angin, memakai kamera dengan merk dan jenis apapun akan tetap menghasilkan foto yang berkualitas tinggi.