6 Tips Memilih Jam Tangan untuk Wanita Gemuk

Jam tangan merupakan salah satu item tersier dalam dunia fashion karena berfungsi sebagai penunjuk waktu dan juga aksesoris. Bahkan tak jarang orang menjadikan jam tangan sebagai aksesori sekunder bahkan primer.

Setiap orang memiliki karakter, bentuk badan dan warna kulit yang berbeda. Oleh karena itu jenis jam tangan yang digunakan pun memiliki bentuk dan warna yang berbeda pula.

Nah, untuk Anda seorang wanita yang memiliki tubuh oversize, tentu ada beberapa kriteria yang perlu diperhatikan sebelum membeli jam tangan.

Ada baiknya jam tangan tersebut cocok di tangan Anda dan membuat Anda tidak tampak semakin besar. Berikut ini adalah beberapa tips memilih jam tangan untuk wanita gemuk.

1. Hindari bentuk bulat

Karena wanita gemuk cenderung memiliki bentuk visual badan yang bulat, maka jam tangan dengan bentuk yang senada akan membuat serasi fashion Anda secara keseluruhan. Sebisa mungkin hindari bentuk-bentuk kotak atau selain bundar.

2. Perhatikan ukuran

Ukuran jam tangan yang paling tepat untuk wanita yang memiliki tubuh gemuk adalah jam tangan dengan ukuran medium. Ukuran medium kira-kira adalah 3,2 hingga 3,8 sehingga tidak terlalu besar.

Jam yang terlalu besar akan menimbulkan kesan yang penuh karena pergelangan tangan dan ukuran jam yang sama-sama besar.

3. Pilih bahan netral

Memilih jam tangan untuk wanita berisi perlu memperhatikan bahan dari jam tangan tersebut. Ada baiknya jika Anda memilih jam dari bahan metal atau stainless steel.

Stainless steel yang baik paling tidak menggunakan jenis 316L dan cukup umum di pasaran. Sedangkan Rolex memiliki jenis yang lebih padat dan berkualitas tinggi yakni 904L. Bahan metal ini memberi kesan netral dan serasi bila dipadukan dengan pakaian apapun.

Jika Anda tidak menyukai bahan metal, Anda dapat menggunakan bahan kulit atau sintetis yang berwarna putih. Warna netral yang terang tersebut  cocok digunakan untuk wanita gemuk karena tidak menimbulkan kesan berat.

4. Model simpel

Model tali simpel yang lebar yang proporsional dengan diameter jam Anda agar dapat menyamarkan besarnya pergelangan tangan Anda. Sebisa mungkin hindari model tali yang rumit atau berlilit-lilit kecil karena akan membuat tangan Anda semakin terlihat penuh.

Model locking deployant atau pengait pun usahakan menggunakan bahan yang simpel. Selain cocok untuk tubuh gemuk, model simpel juga disarankan karena pengait ini adalah komponen yang paling krusial sebab harus dibuka tutup setiap harinya.

Sedangkan bagian crown atau pemutar utama juga sebaiknya menggunakan bentuk yang simpel agar tidak terlihat penuh. Tips untuk Anda yang ingin mengetahui jam tangan tersebut asli atau tidak adalah perhatikan detail dari crown tersebut.

5. Pilih warna dan motif

Selain bentuk badan, dalam memilih jam tangan juga perlu disesuaikan dengan warna kulit. Beruntung bagi Anda yang memiliki kulit putih karena akan lebih mudah memilih warna apapun.

Pasalnya, banyak varian warna yang cocok untuk tangan Anda, mulai dari yang gelap, terang atau warna pastel yang lembut. Namun warna yang paling baik adalah warna kontras seperti merah, hitam atau coklat agar terlihat lebih kontras.

Sedangkan untuk kulit gelap, Anda dapat menggunakan warna netral seperti cream, abu-abu, beige, biru dongker atau merah hati. Sebisa mungkin hindari warna terang seperti hijau lime, shocking pink atau merah darah karena akan terlihat norak.

Warna yang terlalu gelap seperti hitam atau coklat tua juga tidak terlalu bagus karena dapat membuat jam tangan tersebut terlalu tersamar dengan kulit.

Untuk motif ada baiknya agar wanita gemuk memilih jam dengan motif kecil atau polos. Hindari menggunakan motif besar yang terlalu ramai karena dapat membuat tangan Anda terlihat semakin penuh.

6. Perhatikan material dan berat

Material yang perlu diperhatikan salah satunya adalah jenis kaca. Ada 3 jenis kaca yang banyak digunakan untuk sebuah jam tangan, yaitu sapphire crystal replica, mineral glass dan hardlex.

Untuk jenis pertama lebih awet dan tidak mudah tergores, sedangkan untuk mineral glass bekas goresan halus akan lebih muedah terlihat. Meskipun begitu mineral glass tidak mudah pecah bila mengalami benturan yang keras.

Sedangkan jenis hardlex adalah bahan prosesan lanjut dari mineral glassdan memiliki karakter bahan yang lebih keras dari mineral glass namun masih di bawah sappchire crystal. Bahan ini dikembangkan pertama kalinya oleh Seiko.

Untuk Anda yang memiliki tubuh gemuk sebenarnya dapat menggunakan kedua bahan tersebut. Hal ini dikarenakan bahan tersebut tidak akan mempengaruhi bentuk tubuh tapi dipengaruhi oleh aktivitas yang Anda lakukan.

Jika Anda tidak banyak melakukan aktivitas outdoor Anda dapat menggunakan jenis sapphire crystal replica.

Itulah artikel tentang  6 tips memilih jam tangan bagi wanita gemuk yang layak untuk dipertimbangkan. Jam digital atau jam analog akan sama-sama cocok untuk Anda jika Anda mempertimbangkan tips-tips yang telah disebutkan di atas. Perhatikan konstruksi keseluruhan dari jam tangan agar selalu pas dan memiliki performa yang baik.