4 Tips Membuka Jasa Cuci Motor untuk Pemula

Usaha cuci motor

Saat ini jasa cuci motor sedang marak. Hal tersebut dikarenakan banyaknya pengguna motor di Indonesia. Setiap pengguna motor pun tidak semua mau mencuci motor mereka sendiri.

 Alasannya bisa karena tidak ada waktu, tidak ada tempat, tidak ada tenaga, tidak ada air, dan lain sebagainya. Nah bagi mereka yang tidak mencuci motor sendiri itulah yang meramaikan tempat cuci motor.

Sebanyak apapun tempat cuci motor dan mobil yang ada saat ini, tetap saja semua ramai. Hal inilah yang menjadi dasar dan alasan beberapa orang membuka jasa cuci motor.

Namun tetap perlu tips khusus agar jasa cuci motor yang dibuka ramai pengunjung dan tidak kalah saing. Tips membuka jasa cuci motor untuk pemula berikut mungkin bisa berguna bagi Anda yang ingin membuka jasa cuci motor.

1. Pilih tempat yang pas

Hal pertama yang harus Anda perhatikan saat ingin membuka jasa cuci motor adalah tempatnya. Anda harus pintar-pintar mencari tempat yang pas. Tempat yang pas untuk membuka jasa cuci motor yaitu tempat yang ramai seperti tempat yang dekat pasar, dekat sekolah, dekat pusat kuliner, dekat pabrik, atau berada di jantung kota.

Pemilihan tempat yang pas akan berpengaruh pada jumlah pelanggan dan pengunjung. Tempat ramai akan menghadirkan banyak pengunjung dan pelanggan, sedangkan tempat yang sepi akan membawa kerugian karena jumlah pengunjung pasti sangat sedikit. Untuk itu Anda perlu memilih tempat yang ramai dan berada diantara banyak fasilitas umum.

2. Siapkan peralatan yang memadai

Selanjutnya yaitu menyiapkan peralatan cuci motor yang memadai. Anda harus menyesuaikan dengan luas tempat yang Anda gunakan. Jika bisa, gunakan peralatan yang canggih agar menarik banyak pengunjung.

Namun tidak semua orang memiliki modal yang cukup untuk membeli peralatan yang canggih. Jika demikian, solusinya yaitu dengan membuat tempat cuci motor dan peralatan selalu bersih agar banyak yang tertarik.

Selain peralatan, Anda juga harus menyiapkan karyawan. Tak apa sendiri jika Anda merasa bahwa Anda bisa melakukan pekerjaan sendiri. Namun sebaiknya tetap menyiapkan karyawan agar pekerjaan bisa cepat selesai dan pelanggan bisa puas.

3. Lakukan promosi yang menarik

Setelah semua persiapan sudah matang, maka saatnya launching tempat cuci motor Anda. Agar tempat cuci motor lebih terkenal, maka perlu yang namanya promosi. Anda harus melakukan promosi yang komunikatif dan menarik agar banyak pelanggan yang datang.

Promosi bisa berupa gratis cuci motor di hari pertama pembukaan. Jika tidak ingin menggratiskan Anda bisa dengan memberi separuh harga. Anda harus mau merelakan tenaga Anda tidak dibayar demi bayaran yang lebih banyak nantinya. Intinya Anda harus bisa memancing pelanggan dengan promo yang Anda tawarkan.

Itu tadi contoh promo jangka pendek. Untuk promo jangka panjang misalnya dengan memberi kupon pada pelanggan. Setelah terkumpul beberapa kupon maka pelanggan bisa menukarnya dengan fasilitas mencuci motor gratis. Banyak sekali jenis promosi menarik yang bisa Anda coba.

4. Berikan pelayanan yang terbaik

Bagi para penjual, pembeli adalah raja. Nah Anda juga bisa menerapkan prinsip tersebut. Anda harus mengutamakan kepuasan pelanggan di atas semuanya. Memberikan pelayanan yang baik termasuk salah satu cara memuaskan pelanggan.

Saat melayani usahakan ramah dan bersahabat. Berilah ruang tunggu yang nyaman juga di tempat pencucian motor. Tempat menunggu ini sangat penting. Coba bayangkan jika tidak ada tempat atau ruang tunggu, para pelanggan pasti kebingungan ingin duduk dimana saat motor mereka sedang dicuci.

Agar para pelanggan tidak bosan, Anda bisa menyiapkan minuman ataupun makanan ringan di ruang tunggu. Makanan yang disiapkan tidak perlu gratis. Anda bisa menjualnya. Nah loh, Anda malah dapat keuntungan double bukan? Pasti ada beberapa yang akan membelinya jadi cara satu ini tergolong memberi dua keuntungan yaitu membuat pelanggan tidak bosan dan membuat Anda memiliki penghasilan tambahan.

Demikian tadi sedikit tips dalam membuka jasa cuci motor untuk pemula. Intinya hal yang membuat pengunjung tertarik adalah kualitas dan hasil dari jasa yang ditawarkan. Hal ini tidak hanya berlaku bagi jasa cuci motor, tapi berlaku juga untuk bisnis lain. Bisnis yang bertujuan untuk membuat pelanggan puas pasti akan menjadi sukses dan terkenal.