10 Cara Menumbuhkan Kebiasaan Membaca Pada Anak

Memiliki anak yang gemar membaca tentu akan menyenangkan. Namun untuk menumbuhkan kegemaran membaca tentunya tidak mudah.

Apalagi kini teknologi semakin maju membuat kehadiran gadget menarik perhatian anak. Sehingga membuat buku terkadang menjadi sesuatu yang membosankan.

Sebagai orang tua tentunya Anda perlu melakukan berbagai persiapan agar dapat menumbuhkan minat baca pada anak. Nah berikut ini beberapa tips dan cara efektif yang dapat dilakukan orang tua untuk menumbuhkan kebiasaan membaca pada anak.

1. Bacakan Buku Sejak Dini

Gemar membaca terkadang dapat timbul pada diri anak yang memang sudah terbiasa membaca sejak dini. Sehingga tak ada salahnya untuk mulai mengajarkan anak membaca sejak ini. Hal ini akan sangat mempengaruhi kemampun baca anak di masa yang akan datang.

Kemampuan membaca anak sejak dini tidak berkaitan dengan IQ anak. Akan tetapi lebih banyak berhubungan pada keluarga dan kondisi di rumah.

Anak-anak yang gemar membaca sedari dini muncul dari kondisi keluarga yang memiliki perhatian serta usaha yang ekstra untuk membantu anak dalam belajar membaca.

2. Baca Buku Di Depan Anak-Anak

Tak jarang perilaku anak dapat dipengaruhi oleh kebiasaan orang tuanya sendiri. Sehingga untuk menumbuhkan kebiasaan membaca, Anda bisa mencoba membaca buku di depan anak.

Gunakan waktu luang yang Anda miliki untuk membaca. Dengan demikian, nantinya anak bisa melihat dan lama kelamaan meniru kebiasaan yang Anda lakukan.

3. Ajak Anak Ke Perpustakaan Atau Toko Buku

Jadikan perpustakaan atau toko buku menjadi tempat singgah menyenangkan untuk anak-anak. Anda bisa mencoba dengan membiasakan mengajak anak untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut. Buat kesan bagi anak jika toko buku mapun perpustakaan menjadi tempat yang menyenangkan dan nyaman untuk belajar.

Berikan kepercayaan pada anak untuk bisa memilih sendiri buku yang disukainya. Dorong anak untuk rajin mendatangi perpustakaan yang dapat diakses mereka sendiri. Misalnya, perpustakaan sekolah.

4. Buat Rak Buku di Kamar Anak

Anda bisa menyiapkan rak buku yang ditempatkan di dalam kamar anak. Tak perlu besar, cukup kecil saja namun isi dengan berbagai macam buku bacaan.

Mulai dari buku dongeng, buku komik, ensiklopedia, dan buku-buku menarik lainnya. Bisa saja anak akan mengambil buku secara acak untuk dibaca saat sedang bosan dan tidak ada aktivitas yang dilakukan.

5. Berikan Hadian Buku Pada Anak

Jika sebelumnya Anda sering memberikan hadiah seperti mainan kepada anak, mengapa tidak mencoba mengganti hadiah-hadiah tersebut dengan buku. Cara ini cukup efektif untuk menumbuhkan kebiasaan membaca pada anak.

Jika Anda memberikan hadiah buku mengenai hewan, Anda bisa menjelaskan kepada anak bahwa dengan membaca buku tersebut nantinya akan menambah pengetahuan mengenai jenis-jenis hewan yang menarik.

Anda juga bisa memberikan hadiah buku yang menarik minat anak Anda. Sehingga nantinya minat baca anak menjadi berkembang dan pastinya membuat wawasannya juga semakin bertambah. Memulai dari hal yang disukainya tentu akan memudahkan anak untuk gemar membaca.

6. Jelaskan Kepada Anak Tentang Manfaat Membaca

Agar anak tetap memiliki kebiasaan gemar membaca hingga dewasa, maka Anda bisa menjelaskan kepada anak mengenai manfaat dari pentingnya membaca bagi kehidupan.

Beritahu anak dengan gemar membaca akan membantunya dalam mencapai mimpi-mimpi yang ingin diraihnya saat dewasa. Sehingga nantinya akan semakin memotivasi anak agar tidak tetap rajin membaca.

7. Berikan Reward Saat Rajin Membaca

Anda bisa mencoba trik lama dengan memberikan hadiah maupun reward pada anak ketika rajin membaca. Misalnya saja dengan menjanjikan mengajak ke taman bermain jika anak mampun membaca 2 buku dalam satu bulan. Hal ini tentunya akan membuat anak menjadi lebih semangat dalam membaca

8. Hilangkan Penghambat Membaca

Jika anak sulit untuk gemar membaca, mungkin Anda bisa mencoba menghilangkan hal yang menghambat. Misalnya saja seperti menonton televisi maupun bermain Playstation.

Tak perlu dilarang, akan tetapi sebaiknya dibatasi. Sehingga waktu anak dapat dialokasikan untuk membaca banyak buku.

Orang tua juga dianjurkan mengontrol penggunaan televisi. Apalagi kini banyak tayangan-tayangan yang tidak sesuai dan tidak baik jika dikonsumsi anak.

9. Manfaatkan e-book

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kehadiran gadget saat ini terkadang lebih menarik perhatian anak dibandingkan buku. Anda bisa mencoba memanfaatkan gadget ini agar anak gemar membaca dengan mengenal buku elektronik atau e-book.

Penggunaan e-book ini tentunya akan efektif membuat anak menjadi gemar membaca tanpa harus meninggalkan komputer maupun gadget kesayangannya.

10. Jadikan Kegiatan Membacan Sebagai Kebiasaan Keluarga

Kegiatan membaca yang dilakukan setiap harinya tentu akan menumbuhkan minat baca pada anak, sekaligus dapat membentuk kebiasaan membaca. Jadikan hal ini sebagai kebiasaan di keluarga sehingga anak pun akan terbiasa dengan sendirinya.

Jika memang Anda sibuk, minimal sempatkan waktu 5-10 menit untuk membacakan buku pada anak. Seandainya anak sudah terbiasa membaca dengan sendirinya, maka Anda hanya perlu menemaninya membaca.

Demikianlah 10 cara yang bisa dilakukan oleh para orang tua untuk menumbuhkan kebiasaan membaca pada anak dengan mudah dan tanpa paksaan.

Lakukan kebiasaan membaca tersebut  sedari dini sehingga anak nantinya dapat tumbuh menjadi anak yang tidak malas membaca serta memperluas wawasan pada anak. Semoga bermanfaat!