5 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh yang Lemah

Ilustrasi Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Anda pasti sering mendengar istilah stamina atau daya tahan tubuh. Tetapi, apakah Anda tahu pengertian dari stamina? Stamina, atau daya tahan tubuh, adalah energi yang dibutuhkan untuk melakukan kerja dalam waktu tertentu.

Daya tahan tubuh sangat penting untuk menunjang segala aktivitas yang Anda lakukan. Jika daya tahan tubuh lemah maka kuman akan sangat mudah untuk masuk, tentunya Anda akan mudah sakit.

Sayangnya, gaya hidup yang salah dapat membuat daya tahan tubuh Anda semakin menurun. Tetapi Anda jangan khawatir. Berikut ini adalah 5 cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah sehingga Anda tidak gampang sakit.

1. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi

Makanan adalah sumber energi. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda yang lemah, maka sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan penuh gizi agar tubuh Anda semakin berenergi.

Konsumsilah makanan yang rendah lemak, menambah menu sayur dan buah, juga konsumsilah daging non lemak. Jika Anda menginginkan energi dapat bertahan lama, maka konsumsilah sepertiga makanan Anda dengan bahan yang mengandung karbohidrat atau tepung.

Ada beberapa hal yang mungkin bisa Anda lakukan agar energi dapat bertahan lama. Gantilah porsi makanan Anda menjadi lebih kecil dari biasanya, tetapi makan dengan intensitas yang lebih sering.

Cara seperti ini lebih baik daripada makan dua kali sehari tetapi porsinya banyak. Selain itu, gantilah camilan kue kering Anda menjadi buah-buahan atau kacang yang tinggi protein.

2. Jangan sampai kekurangan cairan

Air putih terkenal akan manfaatnya yang begitu besar. Selain dapat menurunkan berat badan dan mencegah batu ginjal, air putih juga dapat meningkatkan stamina atau daya tahan tubuh Anda yang lemah.

Air putih juga dapat menekan rasa lelah pada jaringan otot, sehingga Anda akan lebih berenergi untuk melakukan segala aktivitas berat sekalipun. Jadi, bawalah botol air minum kemana pun Anda pergi. Secara tidak langsung hal tersebut dapat membantu Anda untuk mendisplinkan diri meminum air putih.

Hindari minum-minuman berasa atau beraroma terlalu banyak. Karena minuman tersebut mengandung glukosa yang sangat tinggi dan dapat meningkatkan resiko obesitas.

Hindari juga minuman yang mengandung kafein. Kafein memang dapat menambah stamina, tetapi hanya untuk jangka pendek saja. Kafein malah melemahkan stamina Anda dalam jangka panjang.

3. Berlatih fisik (berolahraga)

Tips untuk meningkatkan daya tahan tubuh berikutnya adalah melakukan banyak latihan fisik atau berolahraga. Latihan fisik memang membuat Anda lelah, tetapi hal itu hanya terjadi pada jangka pendek saja. Jangka panjangnya tubuh Anda akan mulai bisa beradaptasi ketika Anda rutin melakukan olahraga.

Anda dapat melakukan latihan kardio vaskuler selama 150 menit setiap minggunya. Latihan kardiovaskuler dapat meliputi senam aerobic, menari dan bersepeda.

Latihan kardiovaskuler ini dapat melatih jantung dan paru-paru. Hal ini akan mendorong oksigen masuk secara maksimal. Secara tidak langsung daya tahan tubuh Anda juga akan semakin meningkat.

Selain latihan kardiovaskuler, Anda juga dapat melakukan latihan kelenturan. Dengan melakukan latihan ini secara rutin, maka Anda dapat terhindar dari cedera. Yoga adalah salah satu bentuk latihan kelenturan. Hal ini juga dapat menambah daya tahan tubuh Anda.

4. Istirahat yang cukup

Jika Anda sudah berolahraga dan menjalani kehidupan dengan aktif, maka satu hal yang tidak boleh Anda lupakan adalah beristirahat. Jangan remehkan hal ini. Tidur malam dengan waktu yang cukup dapat membuat Anda segar, berenergi dan fokus untuk melakukan aktifitas keesokan harinya.

Jika Anda terus melakukan latihan fisik tanpa ada istirahat, maka tubuh Anda akan malah semakin memburuk. Jika hal ini terjadi maka sudah tentu daya tahan tubuh Anda yang lemah semakin melemah.

Walaupun total jam tidur setiap individu berbeda, tetapi rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk beristirahat adalah 7 hingga 9 jam. Hindari tidur kurang dari 6 jam dan hindari begadang yang tidak perlu.

Jika Anda tidur kurang dari waktu tersebut, maka tubuh Anda juga akan merespon. Respon tersebut bisa berupa sakit kepala, mood yang memburuk, dan daya tahan tubuh yang semakin menurun.

5. Jalani kehidupan Anda dengan aktif

Pekerjaan kadang menuntut kita untuk selalu beraktivitas mulai dari pagi hingga malam. Hal ini menjadikan Anda tidak sempat untuk berolahraga untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Jangan khawatir, pergerakan Anda setiap hari sudah termasuk olahraga. Lebih baik banyak bergerak daripada duduk diam di depan komputer. Misalnya saja, jika jarak Antara rumah dan kantor Anda dekat, maka Anda bisa menaiki sepeda daripada mobil. Anda juga dapat menaiki tangga daripada harus menggunakan lift.

Jika pekerjaan Anda memaksa untuk melakukan pekerjaan di depan komputer, maka Anda bisa menggunakan walking desk. Walking desk adalah meja yang di bawahnya ada treadmill. Anda juga bisa memakai alat pengukur langkah kaki. Berusahalah untuk berjalan 10.000 langkah setiap harinya agar daya tahan tubuh Anda semakin meningkat.

Demikianlah 5 cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah agar tidak gampang sakit. Intinya, selalu perhatikan makanan yang Anda konsumsi, perbanyak minum air putih dan latihan fisik, serta istirahat cukup agar daya tahan tubuh Anda yang lemah dapat meningkat.

Ingat pula, lakukan tips tersebut secara rutin dan disiplin agar manfaat yang Anda rasakan dapat maksimal. Semoga bermanfaat!