7 Cara Menghilangkan Keriput di Tangan dengan Bahan Alami

Keriput adalah lipatan yang muncul pada kulit dan merupakan salah satu tanda dari proses penuaan. Tetapi, keriput juga bisa disebabkan oleh posisi tidur yang sama untuk waktu yang lama dan juga penurunan berat badan yang drastis.

Keriput terjadi pada bagian tubuh yang sering terpapar oleh sinar matahari seperti wajah dan punggung tangan. Pada umumnya wanita akan lebih peduli terhadap keriput di wajah daripada punggung tangan. Padahal punggung tangan dapat mengalami keriput jauh lebih cepat daripada wajah atau leher.

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan keriput di tangan dengan bahan alami.

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun sudah terkenal khasiatnya untuk membuat kulit lembab dan sehat, pun juga dapat digunakan untuk menghilangkan keriput di tangan. Cara menggunakan minyak zaitun ini juga cukup mudah.

Oleskan minyak ini ke punggung tangan Anda sambil dipijat dengan lembut selama 10 hingga 15 menit. Lakukan hal ini ketika sebelum mandi dan sebelum tidur.

Selain membuat kulit Anda lembab dan bebas keriput, minyak zaitun juga dapat membuat kulit Anda tampak lebih cerah. Sehingga warna punggung tangan Anda tidak akan belang.

2. Tomat

Tomat selain berfungsi sebagai sayur dan buah, ternyata juga memiliki manfaat yang besar untuk kulit Anda. Banyak orang yang menggunakan tomat sebagai masker penghilang jerawat, namun masih jarang yang menggunakannya sebagai menghilangkan keriput pada tangan.

Hancurkan satu buah tomat yang segar, lalu gosokkan daging buah dan air pada punggung tangan Anda. Tunggu masker tangan ini hingga benar-benar mengering dan bilas dengan air hangat. Lakukan hal ini secara rutin agar hasil yang Anda dapatkan maksimal.

3. Bengkoang dan kentang

Bengkoang sudah dikenal oleh masyarakat akan manfaatnya yang luar biasa pada kulit. Selain mencerahkan, ternyata bengkoang juga bermanfaat untuk menghilangkan keriput di tangan Anda. Campurkan dengan kentang agar hasil didapat maksimal.

Cara membuat masker bengkoang dan kentangpun cukup mudah. Siapkan kentang secukupnya dan haluskan. Siapkan juga bengkoang, lalu parut dan ambil airnya.

Campurkan kentang yang sudah dihancurkan dan sari bengkoang, aduk hingga masker tercampur dengan rata. Oleskan masker tersebut pada punggung tangan dan tunggu beberapa menit sampai masker tersebut mengering.

Bilas dengan air hangat bersih. Lakukan perawatan ini minimal dua minggu sekali agar mendapat hasil yang maksimal.

4. Mentimun

Mentimun selain dapat mengurangi kehitaman pada area bawah mata, ternyata juga bermanfaat untuk mencegah dan mengurangi keriput yang ada di punggung tangan Anda.

Caranya juga cukup mudah. Anda tinggal memotong beberapa mentimun yang masih segar dan letakkan di bagian unggung tangan yang mulai keriput.

Tunggu beberapa saat dan kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan mentimun ini setiap hari agar keriput di tangan Anda cepat teratasi.

5. Minyak kelapa

Selain minyak zaitun yang berfungsi untuk menghilangkan keriput di tangan, minyak kelapa juga dapat mengatasi masalah yang sama pada tangan Anda.

Usahakan minyak kelapa yang Anda gunakan bukan minyak kelapa instan yang ada dalam kemasan. Gunakan minyak kelapa asli yang dalam keadaan segar. Minyak kelapa asli dan segar dapat membuat kulit Anda bebas keriput dengan lebih cepat.

Cara menggunakan minyak kelapa sama dengan minyak zaitun, oleskan pada area tangan yang mulai keriput. Lakukan perawatan kulit ini setiap hari agar punggung tangan Anda tampak lebih muda.

6. Beras

Beras juga sangat berguna bagi kesehatan kulit Anda. Beras memang sudah cukup lama dijadikan bahan dasar lulur badan. Beras dapat membuat kulit Anda tampak lebih cerah. Namun, beras juga dapat mengurangi keriput di punggung tangan Anda.

Caranya cukup mudah, siapkan dua sendok makan beras dan ditumbuk hingga halus. Tambahkan dua sendok air mawar dan satu sendok susu. Campur ketiga bahan tersebut dan oleskan pada bagian tangan yang mulai keriput.

Biarkan beberapa menit hingga masker beras tersebut mengering. Bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk yang halus. Anda dapat menggunakan masker beras seminggu sekali secara rutin agar hasil yang didapatkan maksimal.

7. Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang menyehatkan karena kaya akan vitamin dan mineral. Selain bermanfaat untuk masker wajah, pisang juga dapat menghilangkan keriput di tangan. Vitamin A, B, E, magnesium, potassium, zinc dan mineral lainnya akan membantu mencegah keriput sejak dini.

Cara menggunakan masker pisang pun cukup mudah. Hancurkan setengah buah pisang dengan garpu. Oleskan pada punggung tangan Anda yang mulai menunjukan tanda-tanda penuaan dan tunggu hingga masker mengering semua.

Setelah kering, cuci punggung tangan Anda dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih dan halus. Anda dapat menggunakan masker ini dua kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

Demikianlah penjelasan mengenai 7 cara menghilangkan keriput di tangan dengan bahan alami. Tangan memang salah satu bagian tubuh yang mudah keriput karena sering terpapar sinar matahari.

Lakukan salah satu atau lebih perawatan bahan alami di atas agar keriput dapat dicegah dan dikurangi. Hal yang paling penting adalah lakukan dengan disiplin dan kontinyu agar hasil yang didapatkan pun terlihat.