11 Cara Mengatasi Bau Badan untuk Wanita

Memiliki bau badan yang kurang menyenangkan mungkin menjadi masalah tersendiri bagi wanita. Bahkan meski sudah menggunakan deodorant yang mahal sekalipun tetap tidak bisa mencegah bau keringat yang mengganggu.

Jika dibiarkan, tentu saja akan menurunkan keperceyaan diri anda. Namun tenang saja, masalah ini bisa anda atasi dengan mudah. Berikut ini beberapa cara mengatasi bau badan untuk wanita yang bisa dicoba sekarang.

1. Rajin Mandi

Cara yang paling utama dalam mengatasi bau badan yang menganggu adalah rajin mandi. Bisa jadi bau badan yang cukup menganggu selama ini disebbakan karena kebiasaan jarang mandi yang anda lakukan.

Setidaknya mandilah 2 kali sehari, pada pagi dan sore hari. Tak hanya membuat tubuh segar, namun juga mengatasi bakteri dan kuman yang menyebabkan bau badan melekat pada tubuh.

2. Daun Sirih

Daun sirih memang dikenal sebagai tanaman herbal yang dapat mengatasi segala penyakit. Dan tak hanya itu saja, daun sirih juga dapat anda manfaatkan dalam tips mengatasi baun badan untuk wanita.

Anda bisa mandi dengan menggunakan air rebusan daun sirih. Rebus daun sirih dan 2 gelas air, kemudian campurkan ke dalam air mandi anda. Lakukan cara ini rutin dan bau badan anda bisa segera menghilang.

3. Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan flavonoid dan vitamin C yang cukup tinggi. Anda bisa menggunakan jeruk nipis untuk mengatasi bau badan yang berlebihan.

Caranya cukup mudah, yaitu Anda bisa mengaplikasikan jeruk nipis sebagai pengganti deodorant sesudah mandi. Tips ini cukup ampuh pula untuk mengatasi bau ketiak yang menganggu.

4. Mentimun

Tips mengatasi bau badan untuk wanita lainnya bisa Anda lakukan dengan menggunakan mentimun. Anda cukup menggosokkan irisan mentimun di bagian ketiak sesudah mandi. Kandungan antioksidan yang ada di mentimun membantu membunuh bakteri serta mencegah munculnya bau badan.

5. Baking Soda

Baking soda juga ampuh digunakan untuk mengatasi bau badan yang berlebihan. Hal ini karena baking soda dipercaya dapat menyerap keringat serta membunuh bakteri yang menyebabkan bau badan.

Campurkan 1 sdt baking soda dan 1 sdt air jeruk nipis, kemudian aduk hingga tercampur merata. Oleskan di ketiak Anda dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air hangat dan lakukan rutin setiap hari.

6. Tawas

Tawas adalah bahan kimia dengan kandungan asam sulfat di dalamnya. Bahan ini memiliki kandungan antiseptik dan antibakteri yang dapat mengatasi bau badan yang tidak sedap.

Caranya pun juga cukup mudah. Anda cukup hancurkan tawas hingga menjadi bubuk dan larutkan dengan air. Gunakan handuk untuk mengompres ketiak dengan larutan tawas tersebut. Lakukan cara ini berulang-ulang hingga selama 15 menit.

6. Perbanyak Konsumsi Buah-Buahan

Buah tidak hanya baik untuk diet, namun juga membantu menjaga kesehatan tubuh. Buah juga dapat membantu mengurangi bau badan yang menganggu.

Anda bisa mengonsumsi apel, pepaya, jambu biji, dan jeruk yang diyakini sebagai buah yang dapat mengatasi bau badan. Konsumsi buah ini setiap harinya sehingga bau badan menjadi berkurang serta hidup lebih sehat.

7. Hindari Makanan Penyebab Bau Badan

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan bau badan berlebihan adalah makanan. Kebiasaan sering mengkonsumsi makanan yang menyebabkan bau badan dapat membuat wanita mengalami masalah bau badan yang cukup serius.

Makanan-makanan yang dapat menyebabkan bau badan antara lain rempah-rempah, daging merah, kafein, alkohol, dan junk food. Jika Anda memang ingin mengatasi bau badan berlebihan ini, maka sebaiknya kurangi makanan-makanan tersebut.

Ganti dengan makanan-makanan sehat seperti buah dan sayuran sebagai menu sehari-harinya.

8. Tingkatkan Asupan Air

Tips yang paling efketif lainnya dalam mengatasi bau badan berlebihan adalah dengan meningkatkan asupan air sehari-harinya. Mengonsumsi air dalam jumlah yang banyak dapat mencegah timbulnya bau badan  berlebihan secara alami.

Soalnya, air dapat mencairkan keringat sehingga bau badan bisa berkurang. Setidaknya penuhi asupan air minum anda minimal 8 gelas setiap harinya

9. Rajin Olahraga

Olahraga memang akan membuat Anda menjadi banyak berkeringat. Namun, dengan melakukan olahraga secara rutin, akan mendorong semakin banyaknya keringat yang keluar. Otomatis hal inia menyebabkan kuman dan bakteri dapat terbuang pada pori-pori kulit Anda.

10. Gunakan Bedak

Beberapa jenis bedak bisa digunakan untuk mencegah banyaknya keringat yang keluar pada kulit Anda. Bahkan Anda pun bisa menggunakan bedak bayi untuk mencegah keluarnya keringat berlebihan yang menyebabkan bau badan

11. Gunakan Antiperspirant

Antiperspirant merupakan salah satu bahan kimia yang mengandung zat alumunium yang bisa menghambat keluarnya keringat yang berlebihan. Anda bisa menggunakannya pada ketiak anda sebelum melakukan aktivitas. Sehingga bau badan anda dapat terkontrol dan segera membaik.

Bau badan yang tidak sedap memang cukup menganggu kegiatan anda sehari-harinya. Anda bisa mengatasinya dengan pola hidup yang sehat dan hindari hal-hal yang dapat menyebabkan bau badan.

Nah itu tadi beberapa cara mengatasi bau badan untuk wanita yang dapat Anda coba. Lakukan cara-cara di atas secara rutin hingga bau badan dapat kembali membaik. Semoga cara-cara di atas berhasil membuat bau badan Anda teratasi.