7 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Sayur dan Buah

Anak susah makan sayur

Setiap orangtua tentunya ingin melihat masa pertumbuhan anak berjalan dengan baik, selain itu orangtua juga menginginkan anaknya tetap dalam keadaan sehat. Salah satu hal yang harus diperhatikan yaitu asupan gizi.

Sayur dan buah merupakan salah satu asupan gizi yang diperlukan oleh anak. Kurangnya asupan sayur dan buah dapat memicu terjadinya penyakit kronis.

Sayangnya banyak anak yang tidak mau memakan dengan sayur. Sehingga orangtua pun merasa kesulitan mengatasi hal tersebut. Akan tetapi jangan khawatir.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut ini 7 cara mengatasi anak susah makan sayur dan buah.

1. Memperkenalkan jenis-jenis sayur dan buah

Langkah pertama yang harus bunda lakukan adalah memperkenalkan jenis-jenis sayur dan buah. Berikan anak pemahaman mengenai pentingnya mengkonsumsi sayur dan buah untuk kesehatan.

Coba perkenalkan jenis sayur dan buah secara bertahap dan berikan anak sayur dan buah tersebut sehingga ketika anak tidak menyukai salah satu sayur dan buah, bunda dapat mengenalkan jenis sayur lainnya.

Dengan mengenalkan jenis-jenis sayur dan buah secara bertahap maka bunda akan mengetahui jenis sayur dan buah mana yang paling anak sukai.

Jangan menyerah ketika anak tidak menyukai salah satu jenis sayuran, berikan jenis sayuran lainnya. Selain itu dengan mengenalkan jenis sayur dan buah, anak pun akan mengetahui jenis-jenis dan rasa dari sayuran tersebut.

2. Menyajikan sayur dan buah dengan tampilan menarik

Anak-anak lebih menyukai tampilan makanan yang menarik daripada yang biasa saja. Untuk itu coba sajikan sayur dengan tampilan yang menarik. Contohnya yaitu sajikan sayuran sebagai garnish, bentuk sayuran menyerupai bunga atau buat wortel diiris menyerupai bintang.

Tampilan yang menarik akan membuat anak menjadi mau memakan sayur yang telah Anda siapkan. Tentunya tampilan menarik membuat anak menjadi tertarik untuk memakan sayurannya.

3. Membiasakan sayur dan buah dikonsumsi setiap hari

Kebiasaan menjadi salah satu kunci untuk membuat anak menyukai sayur dan buah-buahan. Kenalkan sayuran sejak dini dan biasakan untuk memberikan sayur dan buah setiap harinya.

Saat pertama anak mulia mengkonsumsi makanan berikan sayuran untuk makan siang ataupun makan malam. Dengan begitu ketika anak tumbuh anak akan terbiasa mengkonsumsi sayuran sejak ia kecil.

Selain itu sebagai orangtua haruslah menmberikan contoh kepada si kecil. Anda harus menyukai sayuran juga dan perlihatkan ketika Anda mengkonsumsi sayuran.

Seperti apa kata pepatah bahwa anak merupakan cerminan dari orangtua, anak cenderung meniru perbuatan orangtuanya. Sehingga ketika Anda mengkonsusmi sayuran anakpun akan mengikuti kebiasaan Anda.

4. Mengajak anak berbelanja sayur dan buah yang disukai

Cara mengatasi anak susah makan sayur dan buah berikutnya yaitu mengajak anak untuk berbelanja sayur dan buah yang ia sukai. Meskipun cara ini terdengar cukup aneh, tapi coba lakukan.

Ajak anak untuk berbelanja sayuran dan biarkan anak melihat berbagai jenis sayuran. Dengan mengajak berbelanja sayuran maka akan merangsang rasa ingin tahu anak terhadap jenis sayuran yang belum coba ia konsumsi sehingga anak pun akan memilih dan ingin mencoba megkonsumsinya.

5. Mengajak anak memasak bersama sayur

Setelah mengajak anak berbelanja bersama, ajaklah anak untuk memasak bersama sayuran yang telah dibeli sebelumnya. Ketika akan memasak ajak anak untuk mencuci sayuran bersama-sama kemudian biarkan anak melihat proses pemasakan sayuran. Dan saat mulai memasak, ajak anak mengobrol dan berikan pengetahuan mengenai manfaat dari sayuran yang akan di masak.

Meskipun dapur akan menjadi berantakan akan tetapi cara tersebut cukup jitu untuk mengatasi anak susah makan sayur. Selain membuat anak menjadi menyukai sayur cara tersebut juga mempunyai banyak manfaat lainnya.

Di antaranya yaitu memperkuat ikatan batin seorang anak dan ibu. Anak juga akan merasakan suasana yang nyaman ketika memasak bersama Anda.

6. Membuat berbagai variant menu dari sayur dan buah

Ketika anak tidak menyukai sayur dan buah maka coba sajikan dalam menu yang berbeda dengan biasanya. Misalkan Anda dapat mencoba membuat jus yang terbuat dari kombinasi sayur dan buah.

Selain itu Anda juga dapat mencoba membuat sajian makanan dengan bentuk seperti bukan sayuran akan tetapi terbuat dari sayuran. Saat ini banyak sekali resep masakan yang dapat Anda coba untuk membuat jenis makanan yang berasal dari bahan dasar sayuran.

7. Menyajikan sayuran dengan makanan kesukaannya

Salah satu penyebab anak tidak menyukai sayuran yaitu rasa yang dianggap tidak enak. Untuk itu coba sajikan sayuran dengan rasa yang enak. Selain itu coba sajikan sayuran dengan jenis makanan kesukaan anak lainya.

Misalkan anak menyukai telor maka berikan telor dan sayuran. Dengan mencampur sayuran pada makanan kesukaannya maka akan membuat anak menjadi memakannya.

Penutup

Nah itulah 7 cara mengatasi anak susah makan sayur dan buah yang dapat Anda lakukan dirumah. Pada umumnya anak lebih menyukai buah daripada sayur.

Untuk itu, jika Anda mempunyai anak yang masih balita biasakanlah untuk menyelipkan sayuran pada setiap makanannya agar anak menjadi terbiasa dengan sayur ataupun buah-buahan.

shopping_cart