8 Cara Melupakan Masa Lalu Suami dengan Mantan Pacarnya

Setiap orang pastinya memiliki masa lalunya masing-masing, termasuk pasangan Anda sendiri. Mungkin Anda dan pasangan sama-sama saling berbagi tentang masa lalu masing-masing dan mencoba untuk menerimanya.

Namun terdapat sebagian besar orang lainnya yang terkadang sulit untuk bisa menerima masa lalu suami. Apalagi jika dikaitkan dengan mantan pacarnya.

Namun tidak ada gunanya untuk terus memikirkannya karena hal itu hanya akan membuat Anda semakin curiga dan stress. Berikut ini beberapa cara melupakan masa lalu suami dengan kisah-kisah cinta sebelumnya.

1. Jangan Terlalu Banyak Tahu Tentang Masa Lalu Suami

Mungkin beberapa dari Anda berpikir jika Anda mengetahui masa lalu pasangan membuat hubungan ke depannya bisa jauh lebih baik. Sayangnya hal seperti ini tidak sepenuhnya benar.

Dengan Anda mengetahui masa lalu pasangan lebih banyak, terkadang bisa membuat Anda sering berasumsi sendiri yang seharusnya tidak Anda lakukan. Tak jarang ini pula yang membuat wanita dilanda rasa ketakutan dan kekhawatiran yang berlebih.

Akan lebih baik jika Anda mengetahui masa lalu suami yang penting-penting saja. Selebihnya kenali pasangan Anda lebih dalam melalui perjalanan hidupnya bersama dengan Anda. Anda dan suami nantinya akan saling belajar tentang memahami sifat serta karakter masing-masing.

2. Masa Lalu Merupakan Cerita Yang Sudah Jauh Dan Telah Ditinggalkan

Orang yang tidak bisa menghargai masa lalu merupakan orang yang tidak bisa menghargai apa yang dimilikinya hari ini. Masa lalu suami Anda bukanlah masa kini yang sedang berjalan bersama Anda.

Suami Anda sudah meninggalkan masa lalunya dan memulai masa depannya yang baru bersama dengan Anda. Jadi jangan buat segala sesuatunya menjadi sia-sia. Saat ini suami Anda adala miliki Anda, sedangkan mantan kekasihnya bukan siapa-siapanya lagi.

3. Lihat Sendiri Masa Lalu Anda

Jika Anda memang cukup sulit untuk melupakan masa lalu suami, maka cobalah untuk menengok masa lalu Anda sendiri. Lihat kembali masa lalu Anda.

Setelah itu, Anda bisa menilai apakah diri Anda masih berhak memberikan penilaian yang buruk terhadap masa lalu pasangan Anda. Anda juga perlu menyadari jika Anda memiliki kisah di masa lalu yang sama dengan suami Anda.

4. Jangan Membanding-Bandingkan

Ketika suami menceritakan apa yang dialami di masa lalu bersama mantan kekasihnya, Anda merasa hancur karena rasa ketidakpercayaan. Sehingga Anda mulai membandingkan diri Anda dengan mantan pacar suami Anda. Membuat Anda bertanya-tanya apa yang Anda miliki dan tidak Anda miliki serta pertanyaan lainnya.

Jika memang Anda melakukan hal ini, maka hentikan hal tersebut. Hal ini bukan persoalan tentang siapa yang dapat memuaskan pasangan. Semua hal yang terjadi di masa lalu bukanlah hal yang bisa Anda ubah. Sehingga jika Anda terlalu fokus pada hal tersebut justru malah membuang waktu Anda. 

5. Terima Suami Apa Adanya

Setiap orang memiliki sisi baik dan buruknya masing-masing, begitu pula suami Anda. Sehingga cobalah untuk menerima suami Anda apa adanya. Jangan menuntut berlebihan, apalagi pada masa lalunya yang sudah usai.

Jadikan setiap kelebihan serta kekurangannya sebagai salah satu cara yang dapat memperkuat ikatan yang terjalin antara Anda dengan suami. Dengan demikian, pernikahan yang Anda jalani bisa selalu harmonis tanpa harus dibumbui rasa kecurigaan dan kekhawatiran.

6. Jangan Berpikir Negatif

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, mengetahui masa lalu pasangan tak jarang membuat Anda jadi berpikiran negatif terus menerus. Padahal hal yang Anda pikirkan terkadang tidak sama seperti kenyataan yang ada.

Jangan biarkan perasaan negatif yang muncul dari hubungan masa lalu menyelimuti kehidupan Anda dan pasangan. Perasaan negatif ini dapat mempengaruhi pernikahan Anda jika diteruskan.

Cobalah untuk selalu berpikiran positif pada pasangan Anda. Dengan begitu, pikiran dan hati bisa tenang dan tidak terganggu dengan pemikiran-pemikiran yang terkadang tidak masuk akal.

7. Bicarakan Dengan Suami

Jika memang rasanya sulit melupakan masa lalu suami Anda, maka cobalah untuk berbicara kepada pasangan Anda. Cobalah untuk jujur dan mengungkapkan apa yang ingin Anda ketahui.

Namun, jika pembicaraan tersebut telah usai, maka biarkan hal tersebut memang selesai. Jangan lagi menjadikan topic masa lalu sebagai topik pembicaraan yang terus menerus diobrolkan bersama pasangan.

Baca juga: 5 Kiat Jitu Mengatasi Masalah Pernikahan

8. Ekstra Sabar

Bagi sebagian orang mungkin berdamai dengan masa lalu pasangan adalah hal yang mudah. Namun, bagi sebagian orang lainnya bisa jadi ini membutuhkan kerja keras dan kesabaran.

Jika Anda termasuk orang-orang seperti itu, maka tidak apa-apa. Tak ada yang instan apalagi jika menyangkut tentang perasaan.

Anda bisa mulai dengan bersikap jujur dan terbuka kepada pasangan Anda mengenai diri Anda yang mungkin masih sakit hati, marah, maupun dendam. Sehingga nantinya pasangan Anda mungkin bisa membantu untuk memahami dan mengambil sikap.

Nah itu tadi beberapa cara yang dapat membantu Anda melupakan masa lalu suami, terutama dengan mantan pacar suami. Ingat, fokus Anda saat ini adalah pernikahan yang Anda jalani.

Sehingga sangat membuang waktu jika Anda malah fokus terus menerus pada sesuatu hal di masa lalu. Semoga informasi di atas dapat membantu permasalahan Anda.