9 Bahaya Duduk Terlalu Lama Bagi Wanita

Artikel ini merupakan kontribusi Dedi Apeng dari LagiPula.com

Terlalu lama duduk karena pekerjaan atau aktivitas lain saat ini memang tak bisa dihindari, terlebih jika pekerjaan di kantor sedang banyak-banyaknya dan mendekati deadline. Tak hanya itu, duduk lama saat sedang menonton TV pun juga memiliki dampak yang sama.

Sebenarnya banyak studi yang melakukan penelitian mengenai duduk terlalu lama yang biasa dilakukan seseorang. Hal ini dikarenakan aktivitas tersebut memiliki efek yang besar terhadap sistem metabolisme di dalam tubuh manusia.

Ada banyak resiko yang dapat ditimbulkan dari duduk terlalu lama, terlebih lagi dampaknya pada wanita. Untuk Anda yang memiliki intensitas waktu yang lama untuk duduk, berikut ini bahaya duduk terlalu lama yang dapat menjangkiti tubuh Anda.

1. Penyebab kanker payudara dan endometrium

Sebuah studi yang dilakukan oleh Asosiasi Peneliti Kanker dari Amerika menyebutkan bahwa wanita kantoran yang tidak aktif berolahraga dan memiliki jam kerja dengan dominasi kegiatan duduk memiliki potensi 2,4 kali lebih besar terkena kanker payudara dan kanker dinding rahim (endometrium).

Berkegiatan aktif dapat membuat tingkat molekul dalam darah yang menyebabkan resiko kanker menjadi berkurang. Oleh sebab itu untuk Anda yang banyak menghabiskan waktu di kantor ada baiknya untuk meningkatkan intensitas berjalan.

Misalnya dengan membuat kopi, mengambil minum atau sekedar berjalan santai di ruang kantor beberapa menit.

2. Kolesterol tinggi

Selain kanker, bahaya duduk terlalu lama adalah tingkat kolesterol tubuh yang tinggi. Studi mengemukakan bahwa 2 jam posisi duduk, kadar lemak trigliserida seseorang berkurang hingga 11%. Sedangkan saat 2 jam berjalan, kadar lemak tersebut berkurang hingga 14%.

Penurunan tersebut akan berpengaruh pada indeks massa tubuh yang menjadi baik dan lingkar tubuh yang mengalami pengurangan. Karena itulah duduk terlalu lama dapat menjadi faktor yang meningkatkan kolesterol Anda.

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Supaya Anda Bugar Setiap Hari

3. Obesitas

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kadar lemak trigliserida yang tidak berubah menjadi energi saat duduk lama dapat meningkatkan kadar kolesterol. Ini berdampak langsung pada lebihnya berat badan Anda hingga daya tahan tubuh.

Terdapat sebuah penelitian yang mengatakan bahwa seseorang yang duduk lebih lama hingga 2,5 jam memiliki risiko obesitas lebih besar daripada orang yang duduk dalam jangka waktu yang normal. Untuk itu, Anda para wanita yang sedang ada dalam program diet ada baiknya untuk tidak duduk terlalu lam.

4. Penyakit jantung

Duduk terlalu lama dapat membuat aliran di dalam pembuluh darah mejadi lambat sehingga sedikit lemak yang terbakar. Oleh sebab itu asam lemak yang tidak terbakar dapat menyumbat jantung Anda.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa wanita yang duduk hingga 10 jam per hari akan terkena resiko penyakit jantung yang lebih tinggi daripada yang duduk kurang dari 5 jam.

5. Diabetes

Tingkat respons insulin ternyata juga dipengaruhi oleh lamanya Anda duduk. Semakin lama Anda duduk, maka akan semakin tinggi jumlah insulin yang diproduksi oleh pancreas dan menjadi penyebab diabetes.

Duduk selama lebih dari 8 jam setara dengan meningkatnya resiko penyakit diabetes jenis tipe 2 hingga 90% banyaknya.

6. Komplikasi pencernaan

Duduk yang terlalu lama setelah makan dapat menyebabkan isi perut Anda tertekan sehingga proses pencernaan makanan di dalam tubuh menjadi lambat.

Situasi lambatnya proses pencernaan tersebut dapat menyebabkan perut kembung, kram, konstipasi dan tidak seimbangnya jumlah mikroba yang baik untuk pencernaan.

7. Gangguan postur tubuh

Bahaya duduk terlalu lama menyebabkan tegangnya leher dan bahu karena posisi yang stagnan dalam waktu yang lama. Sehingga kondisi ini juga menjadi sebab dari tulang belakang yang menegang dan mengakibatkan ketidakseimbangan permanan yang menjadi efek munculnya sakit punggung.

Duduk terlalu lama membuat tulang punggung tertekan lebih banyak dan otot yang statis. Otot yang statis dan kurang fleksibel di daerah punggung tersebut menyebabkan bagian tersebut tidak memungkinkan untuk melakukan gerakan dan kontraksi untuk menyerap darah dan nutrisi di dalam tubuh.

8. Degenerasi Otot

Berbeda dengan berdiri atau berjalan yang dapat mengencangkan otot, terutama otot perut, duduk di waktu yang lama membuat otot tersebut kendur dan lemah.

Selain itu otot bagian pinggang menjadi kaku dan gerakannya menjadi terbatas karena jarang berelaksasi. Hal ini dapat menyebabkan seseorang mengalami degenerasi otot yang kadang kala menjadi sebab orang tiba-tiba terjatuh saat sedang berjalan.

9. Masalah kaki

Duduk dalam waktu yang lama membuat aliran darah di bagian kaki tidak maksimal sehingga dapat mengakibatkan pembengkakan pergelangan kaki, varises hingga penggumpalan darah. Selain itu intensitas berjalan yang kurang juga dapat meningkatkan resiko terserang osteoporosis.

Masalah kaki lain yang diakibatkan karena duduk terlalu lama adalah kaki yang mati rasa atau di dunia medis dikenal dengan neuropati. Neuropati merupakan salah satu gangguan syaraf yang menurunkan fungsi kaki.

Jika Anda memang wanita karir yang terlalu banyak melakukan aktivitas dengan duduk memang agak sulit untuk mengurangi waktu kegiatan tersebut. Namun ada cara untuk meminimalisir bahaya duduk terlalu lama dengan bergaya hidup sehat, melakukan selingan antara duduk 1 jam berjalan 2 hingga 5 menit maupun olahraga di akhir pekan.

Tentang Penulis: Dedi Apeng adalah pendiri LagiPula.com. Di website tersebut, dia menulis tentang pengembangan diri, finansial, kesehatan, dan lain-lain.